Di Bengkulu, 41 Pelajar Jateng Disambut Direksi BUMN

Semarsngpos.com, BENGKULU — Sebanyak 41 siswa sekolah menengah atas Jawa Tengah peserta program Siswa Mengenal Nusantara 2017 tiba di Bengkulu, Senin (24/6/2017). Peserta kegiatan yang merupakan salah satu wujud komitmen BUMN Hadir untuk Negeri itu disambut direksi sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) penyelenggara program pertukaran pelajar tersebut.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Jiwasraya M Zamkani dan Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara D.J. Nahrawi menyambut ke-41 orang pelajar SMA sederajat asal Jawa Tengah yang akan mengeksplorasi Bengkulu selama sepekan melalui program Siswa Mengenal Nusantara 2017 tersebut.

“Program ini untuk membangun jiwa sosial dan entrepreneur serta kepemimpinan para pelajar yang akan menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan,” kata Direktur Sumber Daya Manusia PT Jiwasraya M. Zamkani saat penyambutan puluhan siswa itu di Aula Pola Provinsi Bengkulu, Senin (24/6/2017).

Zamkani mengatakan para pelajar yang menjadi peserta program Siswa Mengenal Nusantara 2017 adalah mereka yang merupakan siswa terpilih yang diharapkan mampu mengenalkan budaya daerahnya sekaligus mempelajari kekayaan budaya Bengkulu. Program ini, sambung dia, juga bertujuan meningkatkan rasa cinta tanah air dan memupuk persaudaraan antara sesame anak bangsa.

“Mereka dikenalkan lebih dekat bahwa Indonesia itu beragam, banyak suku, agama dan budaya yang memperkaya Indonesia,” kata Ketua Dewan Pengawas LKBN Antara, DJ Nahrawi.

Program Siswa Mengenal Nusantara yang digagas Kementerian BUMN telah berlangsung selama tiga tahun. Untuk wilayah Provinsi Bengkulu, kegiatan ini dikoordinasi tiga BUMN, yakni PT Jiwasraya, Perum LKBN Antara dan PT Pelni. Sebanyak 20 orang pelajar Bengkulu telah dikirim ke Provinsi Jawa Tengah, sedangkan 41 orang pelajar dikirim Jateng dari Semarang ke Bengkulu.

Asisten I Sekprov Bengkulu, Ali Sadikin saat menyambut puluhan pelajar Semarang itu mengapresiasi peran BUMN dalam memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara kepada para generasi penerus. “Kegiatan seperti ini sangat positif, karena itu kami berterimakasih kepada BUMN yang sudah menyiapkan agenda ini,” kata dia.

Ali menambahkan bahwa Bengkulu yang menjadi tujuan pelajar Jateng peserta program Siswa Mengenal Nusantara 2017 yang merupakan wujud komitmen BUMN Hadir untuk Negeri memiliki potensi alam yang melimpah dengan garis pantai mencapai 525 km membentang dari perbatasan Provinsi Sumatra Barat hingga ke perbatasan Provinsi Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *